Tips Minum Kopi Agar Bisa Menikmati Khasiatnya

tips minum kopi
Kopi memang sangat nikmat dan bisa memberikan khasiat bagi kesehatan. Kafein yang dikandungnya, dikatakan bermanfaat. Peneliti juga sangat antusias, untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai kehebatannya. Terungkap kalau zat ini mampu menekan risiko kanker kulit, diabetes tipe dua dan demensia. Apa tips minum kopi, agar khasiatnya bisa dirasakan tubuh?


Lebih Memilih Teh Hitam daripada Coffee Latte

Selain mendatangkan manfaat, kopi juga disinyalir membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Karena kafein bisa memicu menopause lebih awal, sakit maag dan perasaan takut yang berlebihan. Mengendalikan konsumsi kopi bisa menjadi penyeimbangnya. Agar kafein yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan dan mengakibatkan keluhan kesehatan tertentu.

Secangkir minuman kopi hitam dipercaya bisa mengecilkan ukuran pinggang. Berbeda dengan caffe latte, yang kandungan kalorinya lebih besar hingga 170 kalori. Sedangkan kopi hitam hanya mengandung 160 kalori saja. 

Penelitian terbaru membuktikan, kalau kopi hitam tanpa melalui proses pembakaran, ternyata bisa membantu penurunan berat badan. Karena kopi ini bisa membakar lemah di dalam tubuh dan kandungan gulanya lebih sedikit.

Penderita Jantung Wajib Hindari Kopi

Konsultan Cardiology dari Guy's and St Thomas NHS Foundation Trust, Dr. Graham, membuktikan kalau secangkir kopi bisa meningkatkan detak jantung sampai 100 detak per menitnya. Termasuk bisa membuat pembuluh arteri semakin sempit. Dengan begitu, membantu meningkatkan tekanan darah.

Khasiat kopi tersebut sangat berguna bagi yang dalam kondisi sehat. Karena bisa sekaligus meningkatkan mood. Peneliti di Korea Selatan, juga pernah mempublikasikan jurnal, kalau pria dan wanita yang mengonsumsi kopi, risiko penyumbatan kalsium di pembuluh arteri terbilang sedikit.

Sehingga bisa juga mengurangi risiko gagal jantung. Tapi bagi pengidap penyakit jantung, sangat tidak disarankan mengonsumsi kopi instant. Kandungan potasiumnya terbilang tinggi, sehingga justru bisa berbahaya. Tips minum kopi ini sangat bermanfaat, agar bisa mencegah serangan penyakit berbahaya tersebut.

Hindari Minum Kopi di Pagi Hari

Kafein bisa menstimulasi, sekaligus meningkatkan kontraksi di dalam usus. Dengan begitu, feses bisa keluar lebih cepat daripada kondisi normal. Hal ini kenapa meminum kopi di pagi hari, bisa membuat perut terasa mulas. Kondisi ini menunjukkan kalau nutrisi tidak memiliki banyak waktu untuk terserap, saat  berada di dalam saluran pencernaan. Keadaan ini sangat berbahaya bagi tubuh, kalau tidak diimbangi dengan asupan makanan sehat.

Penyerapan zat besi di dalam tubuh juga bisa terhambat, karena adanya kafein. Untuk mencegahnya, sebaiknya berikan jeda saat mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi, seperti daging dan meminum kopi. Kebanyakan meminum kopi bisa memicu dehidrasi. Keadaan ini bisa menyebabkan sembelit dan iritasi lambung. Hal ini karena kafein bisa merangsang produksi gas asam lambung.

Jangan Konsumsi Lebih Dari 3 Cangkir Dalam Sehari

Kafein juga bisa menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Minuman ini memicu osteoblasts tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk menghindarinya, sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi. Dalam sehari tidak boleh melebihi tiga cangkir.

Kebiasaan konsumsi kopi biasanya meninggalkan noda pada gigi. Seorang dokter gigi dari The London Tooth Whitening Centre, Dr. Mervyn Druian, membuktikan kalau noda di gigi karena kopi tidak sekuat yang dihasilkan oleh minuman teh.

Karena kopi hanya meninggalkan noda pada gigi, tapi tidak menembus lapisan email gigi. Biasanya noda itu akan menghilang sendiri setelah 14 hari. Dengan cara menggunakan pasta gigi, dengan kandungan zat pemutih. Kabar baiknya, pertumbuhan bakteri streptococcus di dalam mulut bisa dihambat oleh bahan kimia yang terkandung di dalam kopi.



Komentar